"Kuliah Yang Rajin Ya..."

Minggu, 07 Oktober 2012




“Kuliah yang rajin ya. Tapi ingat, bukan sekedar cari IP. IP memang penting, Tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu mengasah kualitas diri di bangku kuliah ini. Penelitian di Amerika bilang, IP itu no 17 dari 20 kualitas yang dianggap penting dari seseorang lulusan universitas. Kamu tahu yang paling penting itu apa?”

“Pengalaman, Pak!”

Pak Wanisar menggeleng. “itu juga betul…. Tapi, ada lagi hal paling penting yang harus kamu miliki ketika lulus nanti…. Soft Skill!” Ia berbicara dengan penuh penekanan.

Aku mengernyitkan dahi.
Soft skill itu adalah kemampuan nggak terlihat yang diperlukan untuk menjadi sukses, misalnya kemampuan bekerja sama, motivasi, kemampuan berorganisasi, percaya diri, kepribadian yang ramah, integritas…. Semua itu penting sekali untuk kamu miliki.”

“Yang paling penting lagi, yang satu ini menduduki peringkat pertama survey… kemampuan berkomunikasi! Jangan kamu anggap iklan-iklan di Koran yang bilang able to communicate itu main-main, itu betul diperlukan dalam dunia kerja. Mau sepintar apapun, kalau kamu tidak mampu berkomunikasi dengan baik, nihil! Kamu punya ide brilian tapi tidak mampu mengomunikasikannya dengan baik, maka tidak akan ada yang menganggap ide kamu itu sebagai ide yang brilian. Kamu harus pahami benar hal itu dari sekarang.”

“Caranya bagaimana , Pak?”

“Idealnya, kalau kamu mau mengasah soft skills,…………


(Potongan novel “9 Matahari” karya Adenita, hal 93)

0 komentar:

Posting Komentar