Kaulah Orang-Orang Sukses

Minggu, 07 Oktober 2012


Tulisan ini pernah saya posting di Catatan facebook saya pada 1 Desember 2010. Saya ingin anda membacanya kembali, terutama bagi yang belum membacanya.Ini adalah tulisan pertama saya, sekaligus tulisan yang paling saya cinta.

“Anda dilahirkan bukan untuk menjadi orang yang gagal tetapi untuk menjadi seorang yang menang”, kata Andrew Nugraha. Kalimat ini selalu saya ingat kapanpun dan dimanapun. Memang benar, saya tahu, dan anda semua pun tahu bahwa Tuhan tidak menciptakan anda sebagai seorang yang bodoh, yang lemah dan tidak berbuat apa-apa. Orang tua anda pun tidak melahirkan anda untuk menjadi penjahat atau menjadi penganggur, tetapi hanya satu tujuan yang diinginkan yaitu anda “SUKSES”, anda menjadi seorang yang “BERHASIL”.

Tidak ada orang yang tidak akan berhasil, semuanya akan bisa kecuali tidak pernah mencobanya. Oleh karena itu sebuah kata bijak mengatakan “Never say never”. Saya ingat akan salah satu potongan lirik lagu dari Early : “I believe I can fly, I believe I can touch the sky”. Semuanya akan bisa dilakukan hanya dengan kepercayaan, keyakinan, dan kemauan. There’s a will, there’s a way, begitu kata pepatah. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Dalam hal yang sama, orang bijak mengatakan “man jadda wa jadaa”, barangsiapa bersungguh-sungguh, maka ia akan dapat. Aku yakin bahwa anda hadir disini bukan sebagai orang yang gagal.

Ada orang mengatakan bahwa kita terikat nasib, semuanya akan begitu nantinya. Katanya ada orang dilahirkan udah miskin, ada yang terlahir sebagai seorang yang bodoh dan selamanya akan menjadi bodoh. Semua itu saya katakan TIDAK. Hanya orang yang tak pernah berusaha dan mencoba yang akan menjadi demikian. Saya tahu, anda semua pun tahu bahwa Tuhan tidak bodoh menciptakan manusia untuk menjadi bodoh, atau menjadi miskin. Tahukah anda kenapa anda mempunyai otak? Kenapa anda punya akal daripada makhluk lainnya? Kenapa Tuhan menciptakan otak untuk anda? Anda pasti tahu jawaban atau alasannya.

Alasannya pasti berfikir. Ya, berfikir. Gunakanlah akal anda untuk berfikir dan berusaha. Sebenarnya anda-lah yang menciptakan sebuah masalah lewat pikiran anda. Kadangkala, suatu hal yang mudah, anda bisa memprsulitnya lewat pikiran anda. Semuanya tergantung dari pikiran anda. Almarhum bapak Yasin Limpo pernah berkata pada anaknya (Bpk Syahrul Yasin Limpo), “Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, yang sukses, maka pikirlah yang baik-baik (sagala hal yang baik). Anda adalah apa yang anda pikirkan. “ I think, therefore I am”, ini adalah kata dari Rene Descartes, seorang filsuf terkenal. Katanya, “saya berpikir, maka itulah saya”. Nah sekarang gunakanlah pikiran anda untuk menjadi seorang yang sukses. Sebuah kata bijak berbunyi “Jika anda ingin menjadi orang yang bahagia, maka berpikirlah seperti orang yang bahagia_jika anda ingin menjadi orang yang sukses, maka berpikirlah seperti orang-orang yang sukses. Sekali lagi, segalanya tergantung pada apa yang anda pikirkan..

Kembali pada persoalan nasib, pernahkah anda membaca novel “Sang Pemimpi”?. Arai (salah seorang tokoh dalam cerita tsb) mengatakan bahwa kita harus mendahului nasib. Artinya bahwa kitapun bisa mengubah atau mengalahkan nasib. Karena memang setahu saya, bahwa ada hal-hal yang telah ditentukan oleh Tuhan, kita tidak bias mengubahnya lagi dan ada pula hal-hal yang kita bisa tentukan sendiri. Berbicara tentang kesuksesan, saya tahu, dan anda semua pun tahu bahwa Tuhan tidak mungkin menghalangi anda untuk sukses. Tuhan tidak mungkin menginginkan anda untuk tidak berhasil. Pada dasarnya, Tuhan telah menciptakan baik dan buruk. Tuhan menciptakan jalan menuju sukses. Apabila anda melangkah pada jalan yang benar dan sesuai, pasti anda akan sukses, dan sebaliknya. Ibaratnya jika anda ingin ke Jakarta, maka lewatlah pada jalan yang menuju ke Jakarta, namun bila anda lewat pada jalan menuju Bandung, tentu anda tidak akan pernah sampai ke Jakarta. Harapan saya, anda jangan terlalu terpaku pada nasib, berserah pada nasib. Anda tidak akan pernah bisa jika terus memikirkan nasib.

 By the way, anda tahu tidak, bahwa semua manusia di dunia ini telah diberikan waktu yan sama dan tak ada perbedaan sediktpun. Kita semua mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, baik itu pejabat, presiden, pebisnis, guru, petani, maupun mahasiswa atau siswa. Tapi, apakah yang telah anda gunakan perbuat dalam waktu tersebut? Apa saja yang anda kerjakan dalam 24 jam tsb? Tidur-tiduran? Bermalas-malasan? Ataukah anda hanya pergi berkaraokean, jalan-jalan, go to cinema, berleha-lehaan? Apakah itu yang anda lakukan utk mengisi waktu anda? Pernahkan anda terpikir untuk menghabiskan (membaca) 3 buah buku dalam sehari? Saya juga bingung akan hal ini. Seorang senior saya pernah mengatakan bahwa orang sukses itu cuma punya waktu 3 jam untuk tidur dalam sehari. Can you imagine that? Saya harap jawaban anda yes, I can and I’ll do it. Guru saya di SMP salalu mengatakan pada kami seperti ini : “kenapa dia bisa, saya tidak bisa..! Maksudnya bahwa kita juga pasti bisa seperti itu.

Sudah cukup panjang kata-kata yang saya uraikan dan semuanya telah membuat anda terputar-putar mebacanya. Tapi the most important thing I wanna tell you is “KEBERHASILAN”. Anda adalah orang yang bisa, anda adalah orang yang sukses. Sekali lagi, anda bkanlah seorang yang gagal. Andrie Wongso mengatakan “Succes is my right”. Tetap semangat dan lakukanlah. Lakukan apa yang benar. Fatmawati (teman sekelas saya di PBI) mengatakan “SPIRIT, SPIRIT, SPIRIT”. Saya ingat dan salut akan itu. Don’t just stand there, do something!!!. Satu hal penting yang harus kita ingat juga yaitu jangan lupa berdo’a. Ola et labora, bekerja sambil berdo’a. Tetap semangat untuk sukses.

Tulisan ini ku persembahkan untuk semua teman-temanku. Aku tahu kita adalah orang-orang sukses, bukanlah orang yang gagal.

0 komentar:

Posting Komentar