SAKIT???

Minggu, 07 Oktober 2012




Kehidupan ini memang sering kali menyakitkan. Sakit yang dominan  kita dapatkan adalah sakit yang berhubungan dengan hati atau batin kita, selebihnya itu adalah sakit pada fisik atau jasmani kita. Sakit pada hati akan sulit didapatkan penawarnya ketimbang sakit pada fisik. Sakit pada hati ataupun batin,akan terasa lebih sakit, sehingganya muncul lirik sebuah lagu, “kalau terbakar api, kalau tertusuk duri mungkin masih dapat ku tahan tapi ini sakit lebih sakit, kecewa karena cinta”. Begitu? Ada-ada saja tingkah laku manusia. Tapi memang, persoalan cinta merupakan sumber sakit hati pertama. Banyak orang yang menderita karena putus cinta, ada yang sampai gila, bahkan ada yang nekat bunuh diri ataupun membunuh orang lain. So crazy… Namun itulah yang dinamakan sakit, sakit hati.

Itu karena putus cinta, bagaimanakah dengan cinta yang ditolak? Bagaimanakah sakitnya? Aku tidak tahu. Masing-masing orang mempunyai daya rasa yang berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit sekali, adapula yang menganggapnya bahwa itu adalah hal biasa dan mengatakan pada dirinya “Oh, tidak apa lah, ini bukan keberuntunganku, masih banyak cewek/cowok lain disana yang menungguku, yang masih single”…hahaha. Sekalipun berkata seperti demikian, terlihat sabar dan tabah, namun dapat ditebak bahwa orang ini setidaknya merasakan sakit juga namun hanyak sedikit. Ada pula orang yang menjadi marah karena putus cinta, hingga mereka menggunakan other way atau jalan pintas. Seperti kata-kata yang selalu kita dengar, “Cinta ditolak, mbah dukun bertindak”. Sungguh tidak jantan yang demikian. Tapi begitulah, kebiasaan yang telah membudaya di bumi kita, bahkan di bumi orang lain juga, seperti di Thailand, dan daerah-daerah Asia lainnya. Santet-santetan masih tetap survive di dunia ini, selagi sakit hati masih tetap ada, selagi agama tidak lagi terserap dengan  baik dalam hati sanubari manusia.

Berkaitan dengan sakit hati karena cinta, ada satu hal yang sangat tidak aku suka yaitu tentang kejujuran. Apakah yang anda rasakan jika ada seorang cewek menolak atau tidak menyukai anda namun ia tidak mengungkapkannya, hanyalah beribu alasan yang keluar dari mulutnya (bukan alasan untuk menolak, tapi sejenis alasan-alasan yang tidak masuk akal). Sungguh sebuah ketidakjujuran. Bagaimanakah jika anda tidak dapat menebak bahwa dia tidak menyukai anda? Cobalah anda pikirkan.

Begitu banyak sumber-sumber penyebab sakit hati : kecewa, putus cinta, dikhianati, cinta ditolak, iri pada orang lain, dan lain-lain. Semuanya begitu sakit. Kata “sakit” memang tidak pernah berubah maknanya, sakit tetap sakit. Kehidupan memang seringkali menyakitkan bagi siapa saja. Hanya kitalah masing-masing akan yang mencari dan menentukan penawar ataupun jalan keluarnya.

0 komentar:

Posting Komentar